Selamat Hari Aksara Internasional Tahun 2020

Share it

Selamat Hari Akasara Internasional 2020, mari baca buku, perbanyak literasi, semangat belajar dan bersiap menyambut dunia yang cerah.

Hari ini, 8 September 2019, masyarakat internasional memperingatinya sebagai Hari Aksara Internasional. Melansir dari situs United Nations (UN), 8 September dicanangkan sebagai Hari Aksara Internasional oleh UNESCO saat sesi ke-14 Konferensi Umum UNESCO pada tanggal 26 Oktober 1966. Tujuan pencanangan ini adalah untuk mengingatkan masyarakat internasional akan pentingnya melek aksara bagi individu, komunitas, dan masyarakat. Serta mengingatkan perlunya upaya yang intensif dalam upaya pemberantasan buta huruf.

Hari Aksara Internasional tahun 2020 jatuh bertepatan dengan pandemi COVID-19 yang masih merebak. Maka dari itu, Hari Aksara Internasional tahun ini akan fokus pada pengajaran dan pembelajaran Literasi dalam krisis COVID-19 dan seterusnya dengan fokus pada peran pendidik dan perubahan pedagogi. Selain itu, pandemi COVID-19 ini menjadi momentum untuk menunjukkan perhatian untuk meningkatkan literasi khususnya kepada peserta didik.

Apa sih yang bisa kita lakukan untuk Hari Aksara Internasional?

Aksara dinilai sangat penting untuk mempermudah komunikasi. Sayangnya, hingga saat ini masih ada orang yang buta aksara. Jadi, sebagai orang yang bisa membaca, kita dapat ikut serta menekan angka buta aksara ini. Misalnya, memberi donasi buku bacaan atau menjadi relawan dengan mengajar cara membaca untuk orang-orang di sekitarmu.

Itu dia beberapa informasi tentang peringatan Hari Aksara Internasional. Semoga dengan adanya peringatan ini, kita semakin sadar akan pentingnya aksara guna meningkatkan pendidikan, menekan kemiskinan, dan mencegah ketidaksetaraan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.