Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020

Share it

Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober.

Awal Oktober lalu, Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi merilis peringatan Hari Santri 2020. Hari Santri yang akan diperingati 22 Oktober 2020 mengangkat tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat”.

Hari Santri Nasional telah diperingati sejak Tahun 2015 lalu setelah Pemerintah menetapkan Hari Santri Nasional setiap 22 Oktober dan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Penetapan Hari Santri Nasional.

Dipilihnya 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional untuk mengenang jasa dan perjuangan umat Islam, para santri, hingga pondok pesantren dalam melakukan perlawanan terhadap agresi militer Belanda kedua. Kala itu, Pada tanggal 22 Oktober 1945 bertemulah para ulama untuk bermusyawarah mengenai hukum membela negara & tanah air. Dari pertemuan itu muncul Resolusi Jihad yang menginspirasi perjuangan, termasuk pertempuran 10 November. Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratus syaikh Hasyim Asyari menyatakan resolusi jihad dengan mengajak seluruh umat Islam melawan penjajah pada 22 Oktober 1945. Fatwa resolusi jihad tersebut berhasil mengobarkan api semangat perjuangan umat Islam dalam melawan penjajah dan akan mati sahid bila gugur dalam perjuangan.

Hari Santri Nasional tidak hanya merujuk kepada para santri dan pondok pesantren. Penetapan Hari Santri Nasional ditujukan kepada umat Islam yang mengedepankan komitmen untuk menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa.

Selamat Hari Santri. Jadikan ini sebagai momentum bagi kita bersama untuk meneladani perjuangan para ulama dan santri. Bersama kita tumbuhkan semangat perjuangan membangun bangsa dan negara Indonesia, menjaga dan memperkuat NKRI.

Leave a Comment

Your email address will not be published.