Islahul Qulub – Kelompok Putri

Share it
Jam besar tertempel di salah satu pilar yang ada di sisi lapangan basket menunjukkan pukul 14.00 WIB. Nampak wajah-wajah ceria mulai memasuki ruang kelas yang sebentar lagi disulap menjadi kamar tidur mereka. Kecerian tampak nyata tanpa dibuat-buat. Masih keceriaan yang sama saat pengumuman tentang kegiatan Islahul Qulub ini disampaikan beberapa pekan lalu di masing-masing kelas 5 dan 6. Imajinasi mereka mulai membumbung ke angkasa. Terbayang sudah berbagai rencana yang akan mereka realisasikan jika waktunya tiba. Bercengkerama dengan teman-teman pada malam hari, berada di sekolah, tetapi tidak berkutat dengan pelajaran dan aneka macam buku, makan bersama mi instan (khusus yang satu ini melalui negoisasi panjang dengan para guru dan pendamping), dan lain sebagianya.

Ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka untuk bermalam di sekolah. Tidur bersama dengan teman sekelompok, didampingi oleh 2 orang guru pendamping. Setelah meletakkan seluruh perlengkapan yang dibawa, dengan arahan guru pendamping, mereka menata dan merapikannya.

Selama 2 hari, dari hari Jumat—Sabtu, 27—28 Januari 2023, siswi SD Islam Hidayatullah, kelas 5 dan 6 akan mengikuti kegiatan Islahul Qulub. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ini merupakan program yang pertama kali dilaksanakan di SD Islam Hidayatullah. Pelaksanaannya dibagi menjadi 2 sesi.

Sesi pertama diberlakukan regu putra dan dilaksanakan sepekan sebelumnya. Pekan ini giliran regu putri yang melaksanakannya. Dengan tema Penguatan Adab Siswa terhadap Oran tua, Guru, dan Teman, peserta diharapkan mengetahui adab-adab Islami yang harus dipatuhi dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari.          .  

Dalam susunan acara, tertulis pada pukul 14.00—14.30 peserta hadir dan menuju ruangan sesuai kelompoknya. Setelah itu, peserta menuju musala untuk melaksanakan salat Asar, membaca asmaul husna, dan tadarus Al-Qur’an. Dilanjutkan dengan acara pembukaan. Dalam sambutannya, Ibu Robiah Peni Raharjanti, S.Si., selaku Kepala SD Islam Hidayatullah menyampaikan 2 hal, yaitu:

  1. mengikuti kegiatan dengan baik
  2. menjaga adab dan sopan santun

Acara dilanjutkan dengan tholabul ilmi yang disampaikan oleh Ustaz Dr. H. Fakhrudin Aziz, Lc., MSI. Dalam tausiahnya, beliau menyampaikan tentang kunci kesuksesan. Ada 4 hal yang harus dilakukan seseorang jika ingin sukses, yaitu:

  1. Harus menjadi orang saleh/salihah terlebih dahulu (taat pada aturan-aturan Allah)
  2. Kuat dalam berdoa dan berusaha (ikhtiar)
  3. Memuliakan orang tua/guru dengan akhlak yang terbaik
  4. Niatkanlah kesuksesan sebagai hadiah/kado untuk orang tua tercinta

Berikutnya, peserta dipersilakan untuk makan sore di kantin.

Menjelang azan magrib berkumandang, peserta berbondong-bondong menuju musala kembali. Sambil menunggu seluruh peserta hadir, dibacalah bersama surat-surat pendek. Selanjutnya, seluruh peserta beserta guru pendamping melaksanakan salat magrib berjamaah. Tak ketinggalan dengan tadarus, diskusi, dan salat isya berjamaah.

Salat isya pun selesai, peserta mengikuti materi berikutnya, yakni Safari Adab. Masing-masing kelompok mendapatkan materi adab yang harus didiskusikan. Hasil diskusi ditulis pada selembar kertas asturo dan ditempelkan di dinding musala yang telah ditentukan. Perwakilan kelompok mendapat amanah untuk standby di tempat dan mempresentasikan di hadapan peserta dari kelompok lain yang mampir ke tempat kelompoknya. Anggota yang lain bertugas berkeliling untuk melihat dan memahami presentasi dari kelompok lain. Kegiatan di musala berakhir pada pukul 22.00 WIB. Peserta diharapkan istirahat dan akan dibangunkan kembali pada pukul 03.00 WIB untuk melaksanakan qiyamul lail.

Rangkaian qiyamul lail diisi dengan pelaksanaan salat tahajud sebanyak 4 rakaat dan salat witir 1 rakaat juga dilanjutkan dengan zikir amalan bulan Rajab. Setelah itu, peserta melaksanakan salat subuh berjamaah. Acara pagi ini diakhiri dengan jalan sehat di sekitar lingkungan sekolah. Setelah itu, peserta dipersilakan untuk berkemas-kemas kemudian bisa pulang kembali ke rumah masing-masing.

Harapan semua pihak dengan terselenggaranya kegiatan Islahul Qulub ini, semoga seluruh peserta dapat menguatkan kembali adab yang dimiliki di SD Islam Hidayatullah. Adab yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad saw. serta menambah keimanan kepada Allah Swt. Amin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *