City Tour Kelas 2 SD Islam Hidayatullah Semarang

Share it

City Tour merupakan kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas yang memiliki tujuan supaya siswa dapat melihat langsung dan mempraktekan teori yang telah didapatkan dikelas. Kegiatan City Tour merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh sekolah dari siswa kelas 1 sampai siswa kelas 5. Pada tahun ajaran 2023/2024 City Tour di SD Islam Hidayatullah dilaksanakan pada bulan Februari 2023.

Siswa kelas 2 SD Islam Hidayatullah Semarang berkunjung ke Kampoeng Kopi Banaran Kabupaten Semarang pada hari Selasa, 28 Februari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 117 siswa dan 14 guru.

Simak kegiatannya di video bawah ini 👇

Sebelum berangkat, seluruh siswa kelas 2 berkumpul di hall lantai 1 untuk malaksanakan doa Bersama. Setelah itu mendapatkan arahan dari Ibu Kepala Sekolah yaitu untuk tetap tertib ketika berada di lokasi, dan beliau juga menghimbau agar siswa tetap menjaga kebersihan dan keselamatan ketika melaksanakan kegiatan city tour. Kemudian siswa dan siswi didampingi oleh guru pendampingnya bersiap-siap untuk menuju bis masing-masing. Anak-anak sangat senang sekali dengan adanya kegiatan ini. Selama diperjalanan mereka tak lupa saling bernyanyi, menikmati pemandangan dijalan dan saling berbagi makanan kepada setiap teman.

Sampai di Kampoeng kopi banaran para siswa turun dari bis dan langsung menuju ke kelompok kelas masing-masing. Kegiatan pertama diawali dengan ice breaking yang dipandu oleh petugas outbound. Selesai melaksanakan ice breaking siswa dipandu oleh petugas outbound untuk melaskanakan kegiatan outbound. Kegiatan outbound terdiri dari berjalan diatas jaring, merangkak di papan kayu, bergelantungan di tali, dan sepeda gantung. Setelah kigiatan tersebut anak-anak diajak berkeliling di kampoeng kopi banaran menggunakan mobil wisata untuk melihat kebun kopi dan melihat rawa pening lewat kampoeng kopi banaran.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari orang tua siswa. Tidak lupa pula guru membagikan dokumentasi kegiatan digroup kelas masing-masing supaya orang tua siswa juga ikut serta menikmati kebahagiaan yang diciptakan anak-anak.

Kegiatan ini ditutup dengan salat dzuhur berjamaah di sekolah.

Dengan kegiatan city tour diharapkan siswa dapat meng explore kemampuan yang mereka miliki dan dapat mengambil hal baru dari kegiatan yang dilaksanakan. Dan anak-anak dapat mengambil ilmu yang mereka dapat dari kegiatan ini, karena mendapatkan ilmu tidak hanya didapatkan di dalam kelas saja. Tetapi Ketika berada dimanapun pasti kita akan mendapatkan ilmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *