Standar Mutu Lulusan
1. Cinta Al-Qur'an
Indikator:
a. Tartil membaca Al-Qur’an
b. Hafal juz 30
c. Setiap hari membaca Al-Qur’an
Kegiatan:
a. Pembelajaran BAQ
b. Tahfiz Pagi
c. Munaqosyah Al-Qur’an
d. Imtihan
e. Musabaqoh Takhtim Al-Qur’an
f. Tahfiz Challenge
g. Al-Qur’an Bacaan Favoritku (tiap hari mengaji)
2. Sadar Salat
Indikator:
a. Tuntas menerapkan fikih wudu
b. Tuntas menerapkan fikih salat
c. Menegakkan salat fardu
d. Gemar melakukan salat sunah
Kegiatan:
a. Penyempurnaan pembelajaran salat dan bacaan wirid
b. Standardisasi peran guru dan orang tua dalam pembinaan
dan pendampingan salat fardu
c. Jurnal salat dalam PPK
d. Optimalisasi umpan balik jurnal salat oleh guru kelas atau
pendamping kepada siswa secara personal
3. Santun dalam Bergaul
Indikator:
a. Sopan dalam bertingkah laku dan bertutur kata
b. Rela berkorban, suka menolong dan murah hati
c. Membudayakan antre
Kegiatan:
a. HUT ke-76 RI
b. Tahun Baru 1443 Hijriyah
c. Maulid Nabi
d. Ayahku Teladanku
e. Ibuku Panutanku
f. Guruku Sahabatku
4. Belajar Tuntas
Indikator:
a. Mencapai KKM semua mata pelajaran
b. Lulus Ujian Sekolah
Kegiatan:
a. Pembelajaran rutin
b. Remedial teaching
c. Peningkatan Kompetensi Guru
d. Standardisasi Pembelajaran
e. Standardisasi Penilaian
f. Tuntas Calistung Kelas Bawah
g. Penilaian Akhir Semester
h. Penilaian Akhir Tahun
i. AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)
j. Mujahadah
k. Ujian Sekolah
l. Akhirusannah
5. Literat
Indikator:
a. Gemar membaca
b. Terampil membaca
c. Terampil menggali informasi dari berbagai sumber
d. Bijak bermedia sosial
Kegiatan:
a. Literasi Pagi (setelah Tahfiz)
b. Gerakan Literasi Sekolah (sepekan baca satu buku non
pelajaran)
c. Layanan peminjaman buku perpustakaan dengan SOP
sesuai prokes
d. Upgrading koleksi buku perpustakaan
e. Bulan Bahasa
f. Edukasi “Anak Muslim Bijak Bermedia Sosial”
g. Pustakawan Kecil *
h. Field Trip (Study Tour/City Tour) *
6. Disiplin
Indikator:
a. Hadir di sekolah tepat waktu
b. Menuntaskan tugas sekolah tepat waktu
c. Mematuhi tata tertib sekolah
Kegiatan:
a. Apel pagi dan siang
b. MPLS
c. PKS *
d. Dokter kecil *
7. Komunikatif, Kolaboratif, dan Kompetitif
Indikator:
a. Terampil berkomunikasi secara lisan
b. Terampil berkomunikasi secara tulisan
c. Mampu berkolaborasi dalam beragam situasi
d. Berdaya juang tinggi
Kegiatan:
a. Let’s Say The Magic Words (Kata Ajaib)
b. Senangnya Menulis (berupa karya) dengan tulisan tangan
untuk tetap menjaga kemampuan motorik halus siswa
c. Mading dari karya siswa yang dipajang secara virtual atau
di papan pajangan kelas
d. Mading di papan pajangan sekolah
e. Sudut Baca
f. Mewadahi siswa yang suka membuat karya tulis (cerpen)
dan bekerja sama dengan penerbit
g. Penilaian autentik
h. Kegiatan Pra Ramadan dan Pesantren Ramadan
8. Peduli Lingkungan
Indikator:
a. Bijak dalam mengendalikan sampah
b. Hemat dalam menggunakan sumber daya
Kegiatan:
a. Gerdu Berapi (Gerakan Peduli Bersih dan Rapi)
b. Edukasi Pilah Sampah
c. Edukasi Hemat Sumber Daya
d. Perawatan Taman Sekolah
e. Budidaya Lidah Buaya
f. Kader Adiwiyata
g. Komposing
Kegiatan Pendukung
1. Publikasi dan dokumentasi kegiatan sekolah
2. Pembinaan Lomba (Olimpiade, MAPSI, Popda, Bahasa Inggris, Al-Qur’an)
3. Musyawarah kerja
4. PGOTW (Pertemuan Guru dan Orang Tua/Wali Siswa)
5. Kegiatan virtual
6. Satgas Covid dan Jaga Kanca
7. Mengaji guru dan khataman (Two weeks one juz)
8. Koordinasi umum, leader meeting, koordinasi per jenjang/mapel
9. PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun Ajaran 2022/2023
10.Open house
11.Akreditasi
12.Kegiatan pendukung lainnya