Selamat Hari Guru seDunia Tahun 2020

Share it

Hari Guru Sedunia diperingati pada hari ini, 5 Oktober 2020. Peringatan Hari Guru Sedunia ini telah dimulai sejak 16 tahun lalu, tepatnya 5 Oktober 1994. Hari Guru Sedunia dicetuskan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tapi, bukannya di Indonesia Hari Guru diperingati tiap 25 November? Sebagai info, tanggal 25 November adalah Hari Guru Nasional Indonesia.

Sementara itu, di masa pandemi Covid-19, guru merupakan pemimpin dalam krisis pendidikan dan juga sebagai penata kembali masa depan. Mengapa?Karena pandemi Covid-19 telah menyebabkan penutupan sekolah, dan berdampak bagi miliaran siswa di semua tingkatan serta jutaan guru sekolah dasar dan menengah. Selama pandemi, guru diminta untuk tetap melakukan pembelajaran secara daring (online) baik berupa tugas maupun teleconference.

Alhamdulillah, guru-guru di SD Islam Hidayatullah Semarang selama masa pandemi tetap menjalankan tugasnya sebagai guru. Adapun guru-guru di SD Islam Hidayatullah memberikan fasilitas pembelajaran kepada pada siswa berupa :

  1. pembelajaran jarak jauh (PJJ) lewat daring (online) baik berupa materi (modul maupun video pembelajaran) serta tugas yang terangkum dalam google classroom,
  2. melakukan teleconference menggunakan aplikasi zoom, google meet, dan WA video call,
  3. serah terima tugas yang diambil dan diserahkan kepada guru melalui hardcopy setiap satu atau dua pekan sekali, dan
  4. melakukan home visit ke rumah siswa.

Dalam rangka Hari Guru Sedunia ini, semoga kita semua menjadi guru yang :

  • hadirnya ditunggu,
  • hilangnya dirindu,
  • ilmunya diburu,
  • nasihatnya diseru, dan
  • tingkah lakunya ditiru.

Leave a Comment

Your email address will not be published.