Selamat Hari Ayah

Share it

Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November dan tahun ini bertepatan dengan hari Kamis 12 November 2020. Dikutip dari Wikipedia, Hari Ayah adalah hari untuk menghormati kebapakan, ikatan ayah, serta pengaruh ayah dalam masyarakat. Di Indonesia, Hari Ayah dirayakan pada 12 November dan bukan hari libur umum. Hari Ayah di Indonesia pertama kali dinyatakan pada tahun 2006 di Balai Kota Solo dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai kelompok masyarakat, termasuk orang-orang dari komunitas komunikasi antar agama.

Peringatan Hari Ayah, tak bisa kita lepaskan dari ingatan akan keteladanan Luqman al-Hakim, yakni sosok ayah futuristik dan inspiratif yang diabadikan kisahnya dalam Al-Qur’an. Ayah yang mendidik anak-anaknya berdasarkan prinsip tauhidullah dan akhlak-akhlak mulia. Ia sosok orangtua yang senantiasa bisa diteladani dalam pendidikan keluarga. Prinsip kepengasuhannya tetap relevan sepanjang masa, meski kisahnya telah terjadi jauh di masa lampau. Ia menanamkan rasa cinta pada Allah, bersosialisasi dengan masyarakat dengan cara persuasif, tanpa intimidasi, hardikan, apalagi kekerasan. Ia memberi contoh, baru kemudian mengajak.

Ayah-ayah kita mungkin bukanlah sosok sefuturistik atau seinspiratif Luqman al-Hakim. Namun beliau adalah sosok ayah-ayah masa kini yang telah membersamai kita, siapapun dan apapun adanya, tetaplah beliau sosok yang sangat berjasa dalam kehidupan kita. Setiap tetes keringatnya adalah saksi betapa jihadnya adalah wujud kasih sayang tak bertepi. I love you Ayah, kami bangga padamu! Selamat Hari Ayah!

Leave a Comment

Your email address will not be published.