Pesantren Ramadhan 1442 H SD Islam Hidayatullah Semarang

Share it

Setitik tinta jadi noda,
setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah telah tiba,
mari kita tekun ibadah di bulan puasa.
Marhaban Ya Ramadan, sambutlah dengan suka cita.

Bulan Ramadan adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh semua umat islam. Bulan penuh keberkahan, kemuliaan dan kebaikan. Dalam menyambut bulan yang mulia ini SD Islam Hidayatullah menyelenggarakan kegiatan “Pesantren Ramadan” ditengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini berlangsung sejak 19 – 21 April 2021.

Namun, penyelenggaraan pesantren Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sesuai anjuran pemerintah untuk #DiRumahAja demi memutus rantai penyebaran Covid-19, maka pesantren Ramadan diselengarakan secara daring dengan memanfaatkan teknologi zoom/google meet.

Pesantren Ramadan ini diikuti oleh siswa kelas 1-6 dan bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari. Setiap harinya siswa-siswi mendapatkan materi tentang Ramadan.
Materi yang disampaikan berupa:

  • Senin : keutamaan bulan Ramadan,dan syarat wajib serta rukun puasa.
  • Selasa : sunah-sunah puasa dan pembatal puasa.
  • Rabu : hikmah,dan manfaat puasa serta motivasi.

Materi-materi tersebut di susun oleh tim guru PAI SD Islam Hidayatullah semarang. Guru kelas dan pendamping saling melengkapi untuk mengisi materi setiap harinya. Meskipun anak-anak menjalankan pesantren Ramadan dari rumah akan tetapi mereka tetap antusias mengikutinya sampai akhir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *