Upacara Peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Hidayatullah

Share it

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat adalah tema yang diusung pemerintah dalam memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia  tahun ini. Logo HUT ke-77 RI juga banyak kita jumpai di seluruh penjuru negeri, tanpa kecuali di lingkungan SD Islam Hidayatullah. Hampir di setiap kelas, logo ini tertempel di dinding maupun papan pajangan dalam rangka menyemarakkan dan sebagai bentuk kebahagiaan menyambut hari ulang tahun negeri tercinta.

Serangkaian kegiatan dalam menyambut peringatan HUT ke-77 RI sudah dilaksanakan oleh civitas academica SD Islam Hidayatulllah sejak hari Senin, 15 Agustus 2022. Diawali dengan beberapa perlombaan yang mengasah keterampilan dan ketangkasan, yaitu lomba futsal dan moving ball. Dilanjutkan pada hari Selasa, 16 Agustus 2022 kegiatan jalan sehat dan lomba kebersihan serta menghias kelas.

Puncaknya adalah hari ini, Rabu, 17 Agustus 2022, mengikuti upacara bendera yang diselenggarakan oleh LPI Hidayatullah. Bertempat di lapangan futsal SD Islam Hidayatullah, upacara diikuti oleh semua siswa kelas 5 dan 6, guru, serta karyawan SDIH.

Selain itu, upacara ini juga diikuti oleh semua unit di bawah lingkup kerja LPI Hidayatullah, dari TK—SMA Hidayatullah. Uupacara bendera dimulai pukul 07.15 WIB.

Di podium utama, nampak  beberapa tamu undangan. Di antaranya dari pengurus Yayasan Abul Yatama, kecamatan, danramil, dan polsek Banyumanik. Nampak juga jajaran dari LPI dan kepala sekolah dari unit TK—SMA Islam Hidayatullah.

Bapak Suprapto Haris Setiawan, S.Ag. bertindak sebagai pembina upacara. Saat ini, beliau menjabat sebagai Direktur LPI Hidayatullah. Ada 3 hal yang beliau sampaikan dalam sambutannya, yaitu:

  1. Kemerdekaan tidak diberikan dengan cuma-cuma. Kemerdekaan merupakan rahmat yang diberikan oleh Allah dan perjuangan dari para pahlawan.
  2. Hendaknya kita selalu bersyukur atas nikmat yang luar biasa sehingga dapat merasakan kemerdekaan dan terbebas dari penjajahan serta penindasan.
  3. Saat pandemi merupakan ujian bagi kita. Seperti halnya yang dilakukan oleh pendahulu-pendahulu kita saat diuji maka kita harus menghadapinya dengan kesungguhan dan kesabaran.

Sebelum upacara berakhir, para peserta disuguhi penampilan siswa dari masing-masing unit. Unit SD menampilkan lagu berjudul “Bahana Mutu Manikam Nusantara” yang berisikan midley lagu daerah dan “Indonesia Pusaka”. Tersebut dinyanyikan oleh ananda Devina (6B), Vyolita (6C), Shaquila Tsereta (3A), Shaquila (5C), dan Alena (5D) dengan memakai baju adat daerah yang ada di Indonesia. Atmosfer kebhinekaan terasa di lingkungan Hidayatullah. Di bawah asuhan Bapak Supriyanto, S.Pd., M.Si. dalam ekstrakurikuler seni musik, tampilan siswi-siswi SDIH ini sangat apik.

Selanjutnya, SMPIH menampilkan parade tarian lagu daerah dan lagu berjudul “Pelajar Pancasila”. Hal yang tak kalah keren adalah tampilan dari siswa siswi SMAIH yang menampilkan atraksi paskibraka.

Para peserta upacara dan tamu undangan menikmati tampilan demi tampilan dari siswa dan siswi Hidayatullah dengan sangat antusius. Ini dapat dibuktikan tidak adanya peserta  maupun tamu undangan yang meninggalkan lapangan upacara sebelum acara berakhir. Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

MERDEKA!
PULIH LEBIH CEPAT!
BANGKIT LEBIH KUAT!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *