Pembekalan Kader Adiwiyata

Share it

Oleh: Fitri Indriyani, S.Pd., 17/9/2022, 15.32 WIB

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – SD Islam Hidayatullah mengadakan kegiatan Pembekalan Kader Adiwiyata bagi peserta didik tertentu, dari kelas 1–6. Kader adiwiyata adalah peserta didik yang dibentuk oleh kepala sekolah untuk berperan aktif dalam menggerakkan warga sekolah dan sekitarnya supaya menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00–09.30 WIB. Bertempat di ruang meeting SD Islam Hidayatullah Semarang.

Kegiatan ini dipandu oleh Ms. Fifi dan Ustazah Sasa sebagai pembawa acara. Kegiatan dibuka dengan membaca bismillah bersama-sama. Dilanjutkan dengan pembacaan tahfiz, dipimpin oleh ananda Akmal kelas 6B. Setelah itu, sambutan dari Kepala Sekolah SD Islam Hidayatullah Semarang, yaitu Ibu Robi’ah Peni Raharjanti, S.Si.

Beliau menyampaikan menjadi kader adiwiyata adalah berlatih untuk menjadi pemimipin. Pemimpin untuk diri sendiri dan teman-teman. Anak-anak diharapkan bisa bertanggung jawab dengan amanah yang diberikan. Berikutnya, ananda mendapatkan materi pembekalan dari Ibu Rini Soelistyowati.

Dalam kegiatan ini, peserta didik dibentuk beberapa pokja (kelompok kerja) yang didampingi oleh beberapa bapak atau ibu guru, yaitu:

  1. pokja perawatan taman (green house) bersama Ustaz Ikhsan
  2. pokja sarana dan prasarana bersama Pak Maryanto dan Pak Kukuh
  3. pokja pengolahan sampah bersama Ms. Rizqa
  4. pokja kebersihan dan kesehatan lingkungan bersama Bu Betty
  5. pokja makanan sehat bersama Bu Putri

Perserta didik dilatih sesuai dengan tugas pokja masing-masing. Dengan dibentuknya kader adiwiyata, harapan sekolah bisa menjadi lebih bersih dan sehat. Kader adiwiyata bisa menjadi contoh untuk peserta didik lain agar hatinya tergerak dan peka terhadap lingkungan.

Insyaallah anak-anak gembira dan siap untuk menjadi anak saleh salihah yang cinta terhadap lingkungan. Amin.

SEHAT DAN SEMANGAT ANAK HEBAT HIDA!

Leave a Comment

Your email address will not be published.