Khataman dan Imtihan Al Qur’an Metode Ummi (Tartil, Tahfidz Juz 1, 2, dan 30)

Share it

Alhamdulillah, kegiatan khataman dan imtihan bisa terselenggara pada hari Sabtu, 23 Januari 2021, meskipun secara virtual karena kondisi masih pandemi. Kami keluarga besar SD Islam Hidayatullah Semarang mengucapkan selamat atas capaiannya, lulus munaqosah :

Tartil                      :     77 peserta

Tahfidz juz 30     :     79 peserta

Tahfidz juz 1       :     25 peserta

Tahfidz juz 2       :     1 peserta

Anak-anak lulus munaqosah bukan berarti selesai belajar membaca Al Quran untuk level tertentu. Tetapi sebagai motivasi meningkatkan kemampuan diri dalam baca dan hafalan Al Quran.

Menurut Penguji (Munaqisy) seperti Ustadz Masyhuri, S.Pd.I kagum dengan hasil capaian anak-anak. Beliau berkata, “Walaupun via pembelajaran daring siswa/siswi SD Islam Hidayatullah mampu menjawab soal hafalan juz 30 dengan baik dan tartil, apa rahasianya?”. Menurut koordinator BAQ SD Islam Hidayatullah rahasia tersebut adalah sebelum mengikuti ujian Al Quran siswa/siswi sudah melalui seleksi ketat dari guru pengampu, yaitu kegiatan Tasmi’ (mendengarkan bacaan 1 juz penuh) yang didampingi oleh kedua orang tua atau wali.

Sebelum acara khataman dan imtihan, diadakan terlebih dahulu kegiatan Pra Munaqosyah (dengan penguji 6 guru pengampu BAQ) dan Munaqosyah (dengan penguji 6 Penguji Ummi Foundation). Kegiatan Munaqosyah tersebut telah diadakan pada Sabtu, 23 Januari 2021. Siswa/siswi mengikuti Ujian Akhir Mata Pelajaran Al Quran SD Islam Hidayatullah yaitu Uji Publik atau memperlihatkan kemampuan bacaan dan hafalan di depan khalayak umum yang didampingi Trainer dari UMMI Foundation Surabaya Ustadz Muhammad Roghibi, M.Pd dan Ustadz Baihaqi

Pesan dari sekolah dalam acara khataman dan imtihan Al Quran yaitu :

  1. Biasakan membaca Al Quran setiap hari.
  2. Mari hidupkan dan terangi rumah dengan bacaan Al Quran.
  3. Jaga bacaan dan hafalan Al Quran.
  4. Tingkatkan kemampuan bacaan dan hafalan Al Quran.

Pada kesempatan ini kami ucapkan terimakasih pula pada Ummi Foundation atas kerjasamanya dalam pembelajaran BAQ. Terimakasih juga kami tujukan kepada Yayasan Abul Yatama Semarang, Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah (LPIH) Semarang, dan QLC Semarang atas supportnya. Terimakasih juga kami tujukan pada para guru dan ustadz/ustadzah atas bimbingannya. Yang oaling utama ucapan terimakasih setulus-tulusnya pada orang tua/wali siswa yang sudah menjadi pendamping, motivator, dan guru terbaik untuk anak-anak selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Apresiasi untuk anak-anak atas semangat dan kerjasamanya.

Semoga acara Khataman dan Imtihan tahun ini menjadi berkah bagi seluruh keluarga besar SD Islam Hidayatullah. Semangat terus membaca dan menghafal Al Quran meski di tengah pandemi yang serba dibatasi ruang gerak kita, sehingga Al Quran ini menjadi cahaya di hati, rumah, dan alam kubur kita semua. Aamiin

Allahummarhamna bil Quran.

Tak henti selalu mohon kepada Allah semoga diberikan kesehatan dan keselamatan. Semoga pandemi segera diangkat dan kita semua mendapatkan hikmah dari pandemi ini. Semoga kita semua bisa belajar bersama lagi di sekolah. Aamiin yaa rabbal ‘alamiin.

Terimakasih.

#sdislamhidayatullah
#sekolahramahanak
#menujusekolahadiwiyata
#jagaprotokolkesehatan
#sekolahsemarang
#sekolahswastafavorit
#sekolahfavoritsemarang
#sdfavoritsemarang
#sekolahmenujuadiwiyata
#sdislamsemarang

Di bawah ini adalah video rekaman live streaming kegiatan Khataman dan Imtihan Al Quran Metode Ummi di SD Islam Hidayatullah Semarang

Leave a Comment

Your email address will not be published.