Focus Group Discussion (FGD) Manajemen Diri dan Seni Berkomunikasi dalam Pekerjaan untuk Guru dan Karyawan

Share it

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Bertempat di musala SD Islam Hidayatullah, kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan dengan mengusung tema “Manajemen Diri dan Seni Berkomunikasi dalam Pekerjaan untuk Guru dan Karyawan”. Pada sesi ini, FGD melibatkan 35 guru dan karyawan yang kemudian dibagi dalam 3 kelompok.

Bu Rizky memandu kegiatan dengan diawali bacaan basmallah. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi diri dan skill berkomunikasi guru/karyawan dengan siswa dan orang tua.

Tibalah saatnya acara inti. Bu Ririn selaku pemateri menyampaikan prosedur kegiatan yang akan dilaksanakan. Beliau memaparkan masalah untuk setiap kelompok yang telah terbentuk. Masalah tersebut kemudian didiskusikan dan dipresentasikan hasilnya oleh masing-masing kelompok. Kelompok yang lain dapat menyampaikan sanggahan, masukan maupun saran atas hasil diskusi yang dipaparkan.

Permasalahan yang disampaikan oleh Bu Ririn merupakan kisah nyata yang dialami siswa sehingga peserta diskusi merasa tertantang karena ada beberapa guru yang mengalami hal serupa. Dari hasil diskusi, Bu Ririn menggarisbawahi bahwa guru harus selalu belajar karena setiap siswa itu unik. Agar dapat meramu pembelajaran dengan “pas”, maka guru perlu memahami karakter siswanya dan menyesuaikan dengan kondisi mereka. Komunikasi merupakan salah satu kunci untuk membuka ruang antara guru dan siswa juga guru dan orang tua sehingga kondisi yang diharapkan akan lebih mudah tercapai.

Leave a Comment

Your email address will not be published.