Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di SD Islam Hdayatullah

Share it

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Langkah ringan penuh semangat nampak dari sebagian anak-anak kelas 4 dan 5 yang hari ini mengikuti pelatihan PKS. Dengan tertib dan teratur, mereka menuju ke musala, tempat berlangsungnya kegiatan tersebut.

Organisasi PKS merupakan salah satu di antara 3 organisasi yang bisa dipilih untuk diikuti oleh anak-anak kelas 4 dan 5.  Selain PKS, ada organisasi DokCil (Dokter Kecil) dan PusCil (Pustakawan Kecil). Organisasi PKS memiliki tujuan membentuk karakter disiplin siswa. Diharapkan dengan mengikuti organisasi ini, muncullah benih-benih penegak kedisiplinan di lingkungan sekolah.

Tak kurang dari 113 anak mengikuti pelatihan yang diselenggarakan dari pagi, pukul 07.00–11.30 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh SD Islam Hidayatullah bekerjasama dengan Polsek Banyumanik yang berperan sebagai pelatihnya. Sesuai jadwal yang telah diterima oleh anak, pelatihan dilaksanakan selama 2 hari. Dimulai hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022 dan akan dilanjutkan keesokan harinya, Rabu, 3 Agustus 2022.

Dengan antusias, anak-anak kelas 4 dan 5 mengikuti jalannya pelatihan. Mereka mendapatkan pengetahuan tentang:

  1. Pengenalan dan visi misi PKS
  2. Peran PKS dalam mendukung penegakan tata tertib sekolah
  3. Etika berlalu lintas
  4. Peraturan di jalan raya
  5. Edukasi anti perundungan

Nampak sekali kebahagiaan tersirat dari wajah mereka. Tidak ada gurat ketakutan dan was-was sama sekali walaupun dilatih oleh 3 orang polisi dan 1 orang polwan. Suasana pelatihan pun terasa menyenangkan, tidak membosankan karena tim dari Polsek Banyumanik menyampaikan materi dengan bahasa dan gestur yang mudah dipahami oleh anak usia 9 dan 10 tahun.

Selama kurang lebih 4,5 jam, anak-anak tidak hanya mendapatkan materi secara teoritis, tetapi juga materi berupa praktik. Baris berbaris, cara mengatur lalu lintas, dan masih banyak lagi. Selain itu, tim pelatih juga mengajarkan anak-anak bagaimana cara memperlakukan bungkus dari snack yang telah dikonsumsinya. Banyak hal dan manfaat yang didapat anak-anak dari pelatihan PKS hari ini. Alhamdulillah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *