Market Day SD Islam Hidayatullah 2019

Share it

Alhamdulillah, pada Bulan Oktober 2019 kegiatan Market Day dengan tema “Melatih dan Menumbuhkan jiwa Interprenur Dalam Rangka Membangun Generasi GOLD Menuju Insan Khoiru Ummah” kembali digelar oleh SD Islam Hidayatullah Semarang. Sebagaimana kegiatan lainnya yang selalu ramai, acara Market Day hari ini pun cukup ramai, terlihat cerianya anak-anak bersemangat menawarkan dagangannya kepada pengunjung yang hadir seluruh warga besar SD Islam Hidayatullah (guru, murid, dan orang tua) tanpa ada perasaan minder ataupun malu-malu.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa enterpreneur atau kewirausahaan. Hal ini selaras dengan Market Day tahun ini.

Sebagaimana namanya, Market Day (hari pasaran), secara sederhana bisa kita maknai “jualan di sekolah” meski acaranya hanya setengah hari. Bukan soal waktu yang akan dibahas disini. Tapi soal kegiatan jualan itu sendiri. Di acara Market Day siswa dilatih untuk jualan, mulai dari menyiapkan segala sesuatunya, hingga menawarkan apa yang bisa mereka jual kepada pengunjung yang hadir. Singkatnya dengan Market Day, anak-anak dilatih untuk menjadi seorang penjual. Menjadi penjual? kok anak-anak malah disuruh menjadi penjual? Ya… menjadi penjual, terus ada apa dengan penjual?

Kalau kita memiliki wawasan Qur’an, maka kita pasti akan memilih menjadi penjual, karena Al-Qur’an menegaskan bahwa posisi kita sebagai hambaNya yang beriman adalah sebagai penjual dan Allah lah sang pembelinya. Jadi, tepat sekali jika anak-anak kita didik untuk memiliki jiwa dan semangat seorang penjual.

Pastinya ada perbedaan antara penjual dan pembeli. Diantara perbedaan mendasar antara penjual dan pembeli adalah sikap mental. Pertama, seorang penjual memiliki sikap melayani, sementara pembeli minta dilayani. Kedua dan ketiga adalah penjual selalu berfikiran positif dan optimis, untuk itulah penjual selalu bersemangat membuka usahanya

Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 111, “sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka”

Market Day adalah program yang luar biasa, dengan Market Day kita telah membentuk dan mengajarkan anak-anak untuk memiliki jiwa sebagai seorang penjual yang ulet, sabar, melayani, ramah, optimis, tidak menyia-nyiakan kesempatan dan peluang.

Melalui kegiatan Market Day ini, secara langsung kita telah membentuk anak-anak kita menjadi generasi Qur’ani karena semangat seorang penjual adalah semangat Qur’ani.

Leave a Comment

Your email address will not be published.