Kegiatan Pembelajaran Kelas 1 SD Islam Hidayatullah Semarang TA. 2021/2022 – Membuat Lampion dari Kertas

Share it

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Pandemi tidak menjadi penghalang untuk belajar dan berkarya. Hari ini kelas 1 belajar membilang bilangan 1 sampai 5 menggunakan benda. Walaupun belajar melalui virtual namun semangat anak-anak sangat tinggi untuk mengikuti pembelajaran.

Bagaimana keseruan belajar hari ini?

Pertama anak-anak mengikuti pembiasaan pagi dengan membaca doa sebelum belajar, dilanjutkan dengan Tahfidz yaitu doa harian (doa sebelum dan sesudah makan). Alhamdulilah anak-anak SD Islam Hidayatullah ini sangat pintar mereka sudah hafal doa sebelum dan sesudah makan. Anak-anak pun ditunjuk satu persatu untuk melafalkan doa tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan literasi tentang pengetahuan Islam. Anak-anak melihat video yang ditayangkan guru yaitu tentang keistimewaan hari Jumat. Mereka sangat antusias dan ingin tahu, sehingga muncul banyak pertanyaan “kenapa mengapa bagaimana”.

Sesi pembelajaran yaitu membilang bilangan 1 sampai 5 menggunakan benda. Anak-anak melihat penjelasan guru melalui slide PowerPoint. Ditambah dengan games menarik tentang membilang dengan benda. Luar biasa, anak-anak sangat cepat dalam membilang benda yang ditayangkan guru pada slide Power Point.

Untuk mengasah kemampuan anak, guru melakukan inovasi dengan memadukan pembelajaran Matematika dan SBdP yaitu membilang bilangan 1 sampai 5 dan membuat lampion.

Dimana letak Matematikanya?

Anak-anak menghitung jumlah lingkaran yang akan dibuat lampion, lalu memberi angka pada setiap lingkaran.

Dimana letak SBdPnya?

Anak-anak menyebutkan warna tiap lingkaran, serta menggunting dan menempel lingkaran hingga membentuk lampion.

Itulah keseruan belajar anak-anak kelas 1 SD Islam Hidayatullah Semarang.

Walaupun di masa pandemi, tapi kita tetap bisa belajar dan berkarya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *