Edukasi Hemat Energi Listrik untuk Siswa Kelas 3 dan 4

Share it

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Jum’at pukul 07.30–09.00 SD Islam Hidayatullah Semarang mengadakan kegiatan edukasi hemat energi listrik  secara virtual yang diikuti siswa kelas 3 dan 4.

Kegiatan ini dipandu oleh Ustazah Layla sebagai pembawa acara. Kegiatan tersebut dibuka dengan tahfiz bersama yang dipimpin oleh ustad Fery dengan membaca surah Al-Fatihah dan surah Al-Bayyinah. Setelah tahfiz bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin Ustazah Fitrowati sebegai dirigen.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah SD Islam Hidayatullah Ibu Robiah Peni Raharjanti, S. Si. Acara selanjutnya acara inti yaitu pemaparan materi dari Kepala Bidang Ketenagalistrikan DINAS ESDM PROVINSI JAWA TENGAH Bapak Ir. Imam Nugraha, HS. M. Si.

Nara sumber menjelaskan alasan dan manfaat hemat energi.

Kenapa harus hemat energi?

  1. Mengantisipasi terus meningkatnya konsumsi energi dan menurunnya jumlah cadangan energi fosil.
  2. Memenuhi kebutuhan liatrik di daerah yang belum teraliri listrik penuh selama 24 jam, atau bahkan maaih gelap gulita sema sekali.
  3. Mewujudkan subsidi tepat sasaran bagi masyarakat miskin.
  4. Mewujudkan konservasi energi sebagai salah satu sumber energi penting, karena menghemat 10% lebih mudah dilakukan daripada membangun sumber energi baru sebesar 10%.

Manfaat sumber energi :

  1. Hemat biaya
  2. Menjadi konsumen cerdas dan mewujudkan smart living
  3. Berkontribusi pada lebih sedikitnya emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar fosil.
  4. Berkontribusi pada energi berkeadilan untuk melistriki daerah yang belum memiliki akses listrik.

Setelah pemaparan selesai, dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh pembawa acara. Kegiatan dikhiri dengan membaca hamdalah dan doa penutup majelis.

Leave a Comment

Your email address will not be published.