Upacara Kemerdekaan 78 RI

Share it

Merdeka!

Merdeka!

Merdeka!

Semarak kata itu tentunya membuat hati warga Indonesia merinding saat mendengarnya. Bagaimana tidak?

Tujuh puluh delapan tahun lalu, segenap pahlawan mempertahruhkan nyawa demi merebut kemerdekaan negara tercinta ini. Sungguh bentuk jihad yang luar biasa.

Pengorbanan yang dahsyat itu, patutlah kita hargai dan banggakan. Salah satu caranya dengan mendoakan. Dengan berdoa, sebagai hamba Allah Swt., kita akan senantiasa memiliki rasa syukur dan tawaduk sehingga mampu menjadikan setiap takdir sebagai bentuk rezeki. Pandai bersyukur atas segala kebebasan dan kemerdekaan yang kita nikmati sampai saat ini.

Tak kalah penting, seluruh warga Indonesia juga melaksanakan upacara kemerdekaan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur.

SD Islam Hidayatullah Semarang pun turut melaksanakan upacara bendera 17 Agustus 2023 yang serentak diikuti oleh segenap warga Hidayatullah. Bertempat di lapangan SDIH, seluruh pengabdi dan siswa kelas 3–6 mengikuti kegiatan penting ini dengan penuh khidmat.

Amanat Penting

Ibu Peni, Kepala Sekolah SDIH, menjadi pembina upacara. Beliau membacakan teks proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seluruh peserta upacara menjadi terenyuh dan menundukkan hati sejenak, merenungi makna kemerdekaan ini.

Ibu kepala sekolah juga memberikan banyak edukasi mengenai sejarah perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah yang telah ratusan tahun menguasai negara ini. Selain itu, juga menguatkan seluruh siswa soleh dan salihah untuk menjadi generasi yang bijak dalam menggunakan gawai seiring perkembangan teknologi yang kian canggih ini.

Semarak Penutup

Sebelum segenap peserta meninggalkan lapangan, beberapa tampilan siap menghibur anak hebat SDIH. Ada tampilan lagu Islami “Yasirlana” yang dinyanyikan oleh Ananda Devina, Alena, Sha, dan Zahra. Ananda Carissa menampilkan dongeng Islami mengenai perjuangan Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam. Terakhir, ada tampilan dari salah satu guru cantik SDIH, Ms. Fifi, membawakan beberapa buah lagu kemerdekaan. Tak lupa, Bu Guru Bahasa Inggris ini mengajak beberapa siswa untuk maju ke depan bersenandung bersama. Seluruh penikmat nampak happy dan turut bernyanyi dengan ria.

Alhamdulillah, segenap peserta upacara mampu mengikuti seluruh rangkaian pagi ini dengan disiplin dan penuh takzim. Semoga segenap warga Hidayatullah, terutama siswa SDIH mampu memaknai kemerdekaan ini dengan penuh rasa syukur dan semangat juang tinggi dalam belajar menggapai impian. Amin.

Serba-Serbi Kegiatan SDIH

Semarak Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di SD Islam Hidayatullah Semarang

Share itLast Updated on 2 May 2024 by AdminSDIH Oleh: Shodiq Andi Nugroho, S.Pd. – Citizen Jurnalis...

Prestasi Gemilang: SD Islam Hidayatullah Meraih Juara 2 dalam Lomba Perpustakaan Kota Semarang

Share itLast Updated on 24 April 2024 by AdminSDIH Oleh: Shodiq Andi Nugroho, S.Pd. – Citizen...

Halal Bi Halal Mempererat Tali Silaturahmi di SD Islam Hidayatullah Semarang

Share itLast Updated on 19 April 2024 by AdminSDIH Oleh: Shodiq Andi Nugroho, S.Pd. – Citizen...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *