Memaknai Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020

Share it
Setiap tanggal 2 Mei, kita merayakan satu hari penting bagi pendidikan di Indonesia, yakni Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Hardiknas tentu tidak bisa dilepaskan dari jasa Ki Hadjar Dewantara, sosok pelopor penting bagi Indonesia yang memperjuangkan hak masyarakat Indonesia dalam sektor pendidikan. Beliau juga pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.
 
Itu sebabnya, karena pentingnya tanggal 2 Mei yang merupakan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, sehingga diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional setiap tahunnya.
 
Salah satu Filosofi dan hasil karya Beliau yaitu kutipan kalimat “Tut Wuri Hadayani” yang memiliki arti “di Belakang Memberikan Dorongan”. Makna dari kalimat ini dijadikan motto dan slogan pendidikan serta menjadi landasan dalam rangka memajukan pendidikan di tanah air.

Sebagai pelajar, sebaiknya kita tak hanya sekedar memperingati Hari Pendidikan Nasional saja. Kita juga perlu  mengetahui apa makna di balik peringatan tersebut. Berikut cara memaknai hari pendidikan nasional :

  1. Mendorong kesadaran pelajar untuk terus belajar tak sekedar lewat pendidikan formal.
  2. Mencontoh semangat Ki Hajar Dewantara dalam mececerdaskan bangsa.
  3. Belajar tak hanya sekedar mendapatkan nilai bagus.
  4. Memanfaatkan kesempatan belajar semaksimal mungkin.
  5. menghargai bentuk pendidikan di Indonesia serta memanfaatkan fasilitas pendidikan yang ada saat ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

Para pahlawan punya peran penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Sehingga saat ini kita bisa mengenyam pendidikan yang layak. Nah sebagai pelajar, sebaiknya kita memaknai Hari Pendidikan Nasional dengan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang. Salah satunya memanfaatkan kesempatan belajar yang telah diberikan semaksimal mungkin.

Nah itu dia makna Hari Pendidikan bagi pelajar. Semoga kita terus bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan ikut berkontribusi dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.