Kunjungan Belajar Madrasah Uthmaniah (ABIM) Penang, Malaysia ke SD Islam Hidayatullah Semarang, Indonesia

Share it

Dari Abu Suraih Al Ka’bi bahwa Rasulullah bersabda “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya dan menjamunya siang dan malam.” (HR Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah).

Kiranya hari inilah yang terjadi di SD Islam Hidayatullah Semarang. Selasa, 30 Mei 2023, seluruh warga sekolah berusaha untuk mengaplikasikan salah satu tuntunan Rasulullah dalam hal menjamu tamu. Dan kali ini, tamu yang datang berkunjung adalah tamu dari negeri jiran, Malaysia. Tepatnya dari Madrasah Uthmaniah (ABIM) Penang, Malaysia.

Dari pagi hari sudah terlihat aktivitas panitia dalam penyambutan tamu yang akan datang. Ketika jarum jam menunjukkan pukul 6.50 WIB, rombongan tamu yang dinanti telah hadir. Masuk melalui gerbang utama, tamu yang terdiri dari pengurus, warga sekolah, dan alumni Madrasah Uthmaniah (ABIM), disambut oleh siswa, guru, jajaran pengurus LPIH (Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah), jajaran pengurus YAY (Yayasan Abul Yatama), dan Ketua Dewan Pembina YAY, Bapak Hasan Toha, M.B.A.

Kunjungan belajar pada kesempatan ini, salah satunya ingin melihat secara langsung kegiatan penyambutan di pagi hari yang dilaksanakan di SDIH. Selain itu juga ingin melihat pembiasaan-pembiasaan lainnya yang dilaksanakan di pagi hari, ketika proses KBM belum dimulai.

Setelah disambut di gerbang utama, kemudian rombongan dari  Madrasah Uthmaniah (ABIM) melaksanakan school tour dengan didampingi rekan guru/karyawan yang telah ditunjuk. Mereka menyaksikan secara langsung dan dekat, pembiasaan-pembiasaan pagi hari yang sudah menjadi budaya di SDIH. Diawali dengan apel pagi, berbaris di depan kelas, dipimpin oleh seorang kapten kelas, bersalaman dengan kapten kelas, selanjutnya baru masuk di dalam kelas. Di dalam kelas, kegiatan selanjutnya adalah membaca doa bersama, tahfidz pagi, dan literasi.

Tahfidz di pagi hari dilaksanakan di kelas, salah satunya bertujuan untuk melancarkan kembali hafalan juz 30 yang didapat siswa saat pembelajaraan BAQ. Adapun literasi bisa diisi dengan kegiatan mendengarkan cerita guru, mendengarkan cerita teman, dan bercerita di depan warga kelas. Selain itu, setiap sepekan sekali, setiap jenjang melaksanakan kegiatan salat Duha. Bagi kelas bawah, kelas 1—3, salat Duha dilaksanakan di kelas masing-masing. Sedangkan bagi kelas atas, kelas 4—6, pelaksanaan salat Duha di musala SDIH.

Rombongan juga diperkenankan jika ingin mengetahui proses KBM di dalam kelas. Nampak siswa-siswa antusias, setiap kali ada tamu yang berkunjung ke kelasnya. Dengan senyum mengembang di bibir, siswa-siswa membalas salam yang disampaikan oleh para tamu.

Setelah school tour, berkeliling di lingkungan SDIH, bertemu dengan sebagian besar warga sekolah, rombongan tamu diperkenankan untuk mengikuti ramah tamah di ruang pertemuan.

Berselang 30 menit, acara ceremony penyambutanpun dimulai. Dibuka dengan pembacaan Al-Fatihah yang dipimpin oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan tahifz surat Al-Baqarah ayat 1—6 oleh ananda Halimah Mazaya Kusharyanto (3C). Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Hidayatullah yang dipimpin oleh Ibu Fitri Indriyani, S.Pd, dengan diiringi vocal oleh ananda Shaquila (5C), Alena (5D), dan Nene (3C). Dan tak lupa, lagu negara kebangsaan Malaysia “Negaraku” juga diperdengarkan. Ini dilaksanakan, sebagai bentuk penghormatan kepada tamu yang hadir. Tampak para tamu dengan khidmat menyanyikan lagu kebangsaannya. Menyanyikan lagu kebangsaan tidak di negara sendiri pasti ada perasaan yang berbeda.

Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dipersilakan untuk perwakilan dari Madrasah Uthmaniah (ABIM), dilanjutkan sambutan dari Direktur LPI, Bapak  Suprapto Haris Setiawan, S.Ag, dan diakhiri sambutan serta pengarahan dari Ketua YAY, Bapak Umar Toha, M.B.A., M.Sc. Diselingi tampilan dari Ananda Shaquila (5C) menyanyikan lagu berjudul “Namaku dalam Doamu”, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program dan diskusi oleh Kepala SDIH, yaitu Ibu Robi’ah Peni Raharjanti, S.Si. Dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari SDIH ke Madrasah Uthmaniah (ABIM) dan sebaliknya.

Kegiatan ditutup dengan membaca doa kafaratul majlis dan hamdalah bersama-sama. Kemudian, seluruh tamu, jajaran pimpinan  sekolah, lembaga, yayasan, dan panitia melakukan sesi pengambilan dokumentasi. Pengambilan dokumentasi dilaksanakan di luar ruang pertemuan, tepatnya di depan ruang Kepala Sekolah. Beberapa siswa yang sedang beraktivitas di area tersebut, juga ikut serta dalam pengambilan dokumentasi. Semua tampak bahagia.

Semoga kegiatan silaturahmi ini memberikan manfaat, baik untuk dunia pendidikan islam pada khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *